Dropbox merupakan layanan server cloud yang lumayan ringan. Bahkan lebih ringan daripada SkyDrive. Akan tetapi kapasitas yang diberikan pada server ini hanya sebesar 2 GB saja. Kecil? tapi cukup untuk menyimpan data dokumen seperti excel, word, pdf, powerpoint. Namun berbeda dengan SkyDrive milik Microsoft, karena setiap data yang tersimpan di DropBox harus di download terlebih dahulu ke Harddisk lokal sebelum dibuka dan disunting serta harus di upload ulang untuk pembaharuan.
Dropbox menyediakan folder tersinkronasi yang selalu update saat tersambung ke internet. Perlu diingat, jika memiliki folder sinkronisasi komputer Anda harus tersambung ke internet terus menerus atau saat membutuhkan untuk akses ke folder tersebut. Secara temporal, DropBox Desktop melakukan Download dan Upload terhadap folder tersebut. Inilah kemudahannya, karena berbeda dengan SkyDrive, Anda harus melakukan pengaturan secara manual untuk mengakses SkyDrive melalui Windows Explorer.
Untuk memulai menggunakan Dropbox, mari kita ikuti langkah - langkah berikut.
1. Masuk ke www.dropbox.com.
3. Isikan nama depan dan belakang serta E-mail dan passwordnya.
4. DropBox akan melakukan download untuk file instalasi DropBox Desktop.
5. Buka hasil download DropBox, lalu lakukan instalasi.
6. Pada proses setting DropBox, pilih Already have account.
7. Masukkan E-mail dan Password login anda.
8. Pilih 2GB yang gratisan :)
9. Untuk pilihan tipe Setup. Pilihlah Typical. ( Dropbox berada di [SystemDir]:\user\[username]\Dropbox ).
10. Pilih Skip Tour dan Finish.
11. Jika Anda menggunakan Windows 7. Dropbox akan berada di bagian Favorites.
0 komentar:
Posting Komentar