Rabu, 29 Februari 2012

Memanfaatkan Styles pada Ms.Word

Anda mungkin sering melihat bagian menu atas pada Ms.Word dengan label "styles". Nah, pernahkah Anda menggunakannya?

Styles adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur tulisan, mulai dari jenis huruf, paragraf, tabulasi, border (tepian), bahasa, frame, penomoran (numbering), shortcut key, dan text effect. Khusus untuk shortcut key merupakan kunci untuk mengaktifkan style dengan kombinasi keyboard.

Jika Anda memiliki format sendiri dalam pengetikan, Anda dapat membuat style sendiri sesuai keinginan Anda dengan cara seperti berikut.

1. Pada bagian Styles, klik tanda panah kecil sebelah kanan bawah.


2. Akan muncul pilihan style, pilih New Style. 

3. Buatkan nama baru untuk style yang Anda buat. Pastikan style tersebut berbasis pada NORMAL.
4. Di sini saya membuat style dengan nama level1 yang berarti paragraf pertama dengan level 1. Akan ada level selanjutnya tergantung jumlah sub level yang dimiliki. Klik button Format di bagian kanan bawah lalu pilih Paragraph..., selanjutnya tentukan indentasi tulisan sesuai yang Anda inginkan. Pada tutorial ini, indentasi level 1 = 0 dan paragraf menjorok ke dalam pada baris pertama 1 cm. dengan spasi 1,5.


5. Hal ini diteruskan untuk level - level selanjutnya tergantung jumlah level yang anda miliki. Apabila tersimpan maka anda akan dengan mudah mengatur tulisan Anda menggunakan fitur ini.


0 komentar:

Posting Komentar