Rabu, 29 Februari 2012

Membuat daftar pustaka secara otomatis

Banyak di antara kita kesulitan dalam penulisan daftar pustaka, terutama dalam penulisan karya tulis ilmiah ataupun tugas akhir. Beberapa mengalami kesalahan dalam penulisan yang tidak sesuai dengan format penulisan standar untuk bibliografi.

Ditambah lagi banyak format baru yang belum diketahui, seperti menuliskan sumber dari majalah, jurnal internasional, konferensi ataupun website. Banyak yang mengalami kesalahan. Pada bagian ini saya akan memberikan cara termudah untuk membuat daftar pustaka secara otomatis tanpa harus kesulitan dalam memilih format penulisannya. Selain itu, jika ada kesalahan bisa langsung diubah dengan mudah dan langsung terurut sesuai nama belakang pengarangnya.

1. Buka Ms.Word dan file yang ingin Anda tambahkan daftar pustaka. Kemudian pilih tab References - Manage Sources.



2. Akan muncul jendela Source Manager, untuk membuat sumber referensi baru klik New.. pada bagian tengah sehingga muncul jendela Create Source.


3. Isi sesuai form yang disediakan. Kemudian klik OK.


4. Pilih referensi yang Anda gunakan pada laporan Anda. Kemudian close.

5. Pilih jenis format penulisan sesuai standar yang digunakan di instansi Anda.

6. Klik Bibliography - Insert Bibliography.


7. Hasilnya akan menjadi seperti ini.



1 komentar: