Jumat, 02 Maret 2012

Cloud Computing Technology

Teknologi cloud computing sudah banyak digunakan terutama untuk bidang perkantoran. Namun sekarang Anda sudah dapat memanfaatkan server luar sebagai media simpan data Anda tanpa biaya alias GRATIS. Memang dari segi privasi sangat kurang karena data yang Anda simpan berada di server luar, bukan server sendiri. Berbeda dengan cloud computing yang digunakan oleh perusahaan - perusahaan yang besar. Mereka mengeluarkan dana cukup besar untuk memasang server sendiri demi keamanan dan kerahasiaan perusahaannya.

Google telah mengeluarkan media penyimpanan dokumen yang dapat dibuka oleh siapapun yang telah diberikan ijin oleh penggunanya. Google Docs dengan alamat situs http://docs.google.com/ dapat menyimpan banyak dokumen seperti word, excel, powerpoint bahkan bentuk form, tabel dan gambar pun bisa. Anda dapat pula mengakses file Anda dimanapun tanpa harus membawanya dalam flashdisk atau menenteng laptop Anda kemana - mana.

Jika Anda lupa membawa file Anda saat ingin presentasi atau ada dokumen penting yang harus dilaporkan pagi ini. Tidak perlu khawatir jika Anda telah menyimpannya di server. Karena Anda dapat mengaksesnya dengan media apapun yang dapat terhubung ke Internet dan ke akun Anda di Google Docs.

Media cloud computing lain yang tak kalah menarik, dikeluarkan oleh Microsoft yaitu SkyDrive. Dengan memberikan ruang sebesar 25GB cukup besar untuk menyimpan data berupa dokumen ataupun gambar dan yang tak kalah pentingnya, SkyDrive dapat menyimpan file selain dokumen. 

Karena buatan dari Microsoft, Anda dapat langsung mengkoneksikan dengan Ms.Office milik Anda. Entah itu meng-upload-nya, atau men-download-nya dari server. Ms.Office telah terintegrasi dengan SkyDrive. Selain itu, drive juga dapat diakses langsung ke Win Explorer. Seperti halnya DropBox yang punya folder sinkronisasi, SkyDrive bisa langsung diakses lewat komputer tanpa membuka situsnya. Sungguh mudah bukan.

Sama halnya dengan Google Docs, file yang tersimpan dapat diatur privasinya agar tidak semua orang dapat membukanya. Aman dan Nyaman. :)

Sudahkah Anda menggunakan teknologi Cloud Computing seperti ini? atau Anda masih menggunakan media simpan konvensional seperti harddisk dan flashdisk?

0 komentar:

Posting Komentar