Kamis, 08 Maret 2012

Layar hitam saat booting Windows

Jika menemui hal seperti ini, pasti kita bingung apa yang harus dilakukan. Karena Windows tidak dapat masuk atau boot ke sistem dan terhenti pada layar hitam dengan cursor putih yang berkedip. Taka ada yang bisa diketikkan, hanya bisa mematikan kemudian menyalakannya lagi. Jangan khawatir, itu bukanlah virus. Komputer Anda mungkin mengalami miskomunikasi dengan perangkat yang tersambung dengannya. Setelah ditelusuri ternyata ada pada setting-an booting di BIOS.

Kejadian ini terjadi pada Laptop yang tidak memiliki DVD/CD rom. Ternyata, pengaturan booting-nya harus memeriksa DVD. Padahal tidak ada DVD yang tersambung pada laptop tersebut. Pada saat booting, kita tidak bisa menekan F8 karena belum memasuki sistem. Ada 3 perangkat yang dijadikan pusat booting. Pertama harddisk, kedua dvd dan ketiga removable disk.

Ternyata laptop tersebut melakukan verifikasi ke DVD terlebih dahulu. Sehingga booting tidak selesai, karena di awal menyalakan laptop/komputer biasanya bios memeriksa yang mana harus di booting apakah CD atau Harddisk. Pada kasus ini, tidak adanya DVD ternyata tidak di cek oleh sistem. Sehingga bios melakukan pencarian perangkat DVD untuk booting.

Solusi:
Matikan semua sumber boot kecuali harddisk. Kemungkinan komputer akan terlalu lama mencari sumber utama boot untuk sistem. Selain itu dengan mematikan sumber - sumber yang tidak terpakai dapat membercepat booting pada Windows.

2 komentar: