Senin, 05 Maret 2012

Melakukan penjumlahan berdasarkan kata kunci pada Ms.Excel

Jika Anda membuat pembukuan dalam Ms.Excel terdapat kesulitan disaat melakukan penjumlahan sejumlah data dengan kriteria tertentu. Seperti melakukan filtering pada kolom. Namun, sistem filter disini merupakan kata kunci yang sama yang ditulis pada setiap cell pada Ms.Excel. Bagaimana jika kata itu berbeda namun memiliki sebagian kata yang sama.

Dalam Ms.Excel dikenal dengan wildcard yang mana Anda dapat memberikan wildcard pada kriteria kata kunci tertentu. Baik itu sebelumnya, setelahnya atau keduanya. Dengan cara menambahkan tanda * (bintang).

Penjumlahan (SUM) pada Excel ada banyak macam, yang paling kita kenal adalah SUM biasa dengan mengetikkan "=sum(number1;[number2];..)". Tapi jika penjumlahan memiliki kriteria, maka gunakanlah SUMIF   yaitu "=sumif(range; criteria; [sum_range])".

Cara menggunakannya

1. Pilih cell, kemudian ketikkan =sumif(.



2. Pilih range, merupakan blok cell dari tempat kriteria yang mau di ambil. Pada contoh ini merupakan keterangan. saya memilih 1 blok kolom kemudian menguncinya dengan menekan tombol F4 pada keyboard agar tidak bergeser.



3. Pisah dengan titik koma (;) atau koma (,) sesuai pengaturan komputer Anda. selanjutnya adalah kriteria kata kunci. Ketikkan kriteria di dalam tanda petik dua (") yang berarti text. contohnya "*pulsa*". Perhatikan tanda bintang (*). Saya letakkan di awal dan di akhir kata yang berarti memberikan wildcard untuk sebelum dan sesudah kata tersebut. Jadi keterangan yang mengandung kata pulsa akan ikut terjumlahkan.


4. Setelah dipisah dengan titik koma (;) atau koma (,) lagi. Pilih kolom yang merupakan cakupan penjumlahan yang berisikan angka. Jangan lupa di kunci dengan menekan F4 pada keyboard. Terakhir tekan Enter.




Catatan:

Ada 3 jenis wildcard.
1. Sebelum kata kunci, dengan meletakkan tanda bintang di awal kata (contoh: *pulsa) yang berarti setiap kata yang memiliki kata pulsa di akhir akan terhitung. Misalnya beli pulsa, AS pulsa, jual pulsa dan utang pulsa. Sedangkan kata pulsa AS, pulsa internet, atau beli pulsa modem TIDAK AKAN terhitung dalam penjumlahan.

2. Setelah kata kunci, dengan meletakkan tanda bintang di akhir kata (contoh pulsa*) yang berarti setiap kata yang memiliki kata pulsa di awal akan terhitung. Misalnya pulsa listrik, pulsa PLN, dan pulsa prabayar. Sedangkan kata beli pulsa listrik, PLN pulsa, atau bayar pulsa TIDAK AKAN terhitung dalam penjumlahan

3. Sebelum dan sesudah kata kunci, dengan meletakkan tanda bintang di awal dan di akhir kata (contoh: *pulsa*) yang berarti setiap kata yang memiliki kata pulsa di mana saja baik itu di awal, akhir atau tengah akan terhitung. Misalnya beli pulsa internet prabayar, pulsa PLN bulanan, dan bayar PLN dan beli pulsa. Semua keterangan yang mengandung kata pulsa AKAN terhitung.


2 komentar:

  1. ane dari jursan sastra inggris jadinya gak bisa pembukuan, trims gan infonya...

    BalasHapus
  2. sangat membantu, terima kasih banyak

    BalasHapus