Senin, 19 Maret 2012

Instalasi Android x86 ke dalam SDCARD


Setelah sibuk mendownload Android x86 yang berukuran lumayan gedee.. Kini saatnya melakukan instalasi ke dalam media penyimpanan. Instalasi Android dapat langsung ke dalam komputer Anda. Tapi, sistem operasi Android berbasis Linux dan partisi yang Anda buat di harddisk tidak akan terlihat di Windows.

Untuk amannya, lebih baik melakukan instalasi ke dalam kartu memori atau yang biasa disebut dengan SD Card. Tidak perlu ukuran yang besar, 2 GB sudah cukup untuk melakukan instalasi Android OS bahkan untuk versi terbarunya.

Cara instalasi ini saya dapatkan dari sebuah situs blog www.indragunawan.com. Kemudian saya coba langsung pada Asus EeePC T101. Mirip dengan apa yang digunakan pada tutorial tersebut. Saya mencoba melakukan Instalasi Android 4 Ice Cream Sandwich. Merupakan versi terbaru dari Android OS( Maret 2012 ). 

Jika pada tutorial Indra Gunawan menggunakan SDCard 2GB. Saya disini menggunakan SDCard 4GB ( bonus beli kamera :o ). Yang terpenting, siapkan apa saja alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan instalasi ini. Penting! Laptop EeePC harus sudah siap :-)

Anda membutuhkan Android x86 ISO yang dapat didownload di sini. Sesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan dan yang terpenting jangan lupa download UNetBootin

Tahap Pertama
  1. Download Android x86 ISO dan UNetBootin.
  2. Siapkan SD Card dan USB Flashdisk. ( Format keduanya ).
  3. Buka UNetBootin dan bakar ISO Image ke dalam USB Flashdisk. Sekarang USB Flashdisk Anda dapat digunakan untuk melakukan booting.
Tahap Kedua
  1. Nyalakan laptop dan masuk ke BIOS. Setting bagian Primary Boot menjadi USB Flashdisk. Kemudian Save dan Reboot. ( Jangan lupa UFD nya dicolokin dulu ).
  2. Biarkan laptop melakukan booting ke Flashdisk. Jika sudah masuk pilihan OS. Pilihlah Instalasi Android ke Harddisk. ( Jangan lupa SD Card sudah ada di dalam card reader )
  3. Perhatian! Ketika memilih partisi, pilihlah Card Reader Device yang biasa tertulis sdc1 FAT32 Card Reader.
  4. Format SDCard sebagai FAT 32 (jangan yang lain) kemudian pilih Yes jika diminta instalasi GRUB.
  5. Jika ditanya, buatlah data image pengguna sebesar 512MB (tergantung kapasitas) dan 1024MB untuk SD Card image palsu. 
  6. Setelah melakukan reboot, pastikan Card Reader menempati Primary Boot Loader.

2 komentar:

  1. bisakah ukuran data image nya dibuat besar misalnya saja 8GB

    BalasHapus
  2. gan,kalo instal android sd card buat tablet yang bootlop bisa gak????

    BalasHapus